Minggu, 20 Januari 2013

Posted by zein Syahida On 03.38
        
    URGENSI MEMAHAMI HAKEKAT MANUSIA
    1. Pengertian Manusia menurut pola pemikiran biologis adalah ….
      1. Manusia adalah makhluk  yang pandai bertanya , bahkan mempertanyakan dirinya sendiri, kebredaan dan kedudukannya.
      2. Maunusia adalah makhluk multi dimensional.
      3. Manusia sebagai pusat kegiatan intern yang menggunakan bentuk lahiriah tubuhnya untuk mengekspresikandiri dalam komunikasi dalam sesamanya.
      4. Manusia yang hidup dalam suatu alam yang sacral penuh dengan nilai-nilai religious.

    1. Dibawah ini merupakan wujud sifat hakekat manusia, kecuali ….
      1. Kemampuan menyadari diri
      2. Rendah hati dan berwibawa
      3. Tanggung jawab
      4. Kemampuan menghayati kebahagian

    1. Dibawah ini beberapa rumusan dan definisi lain dari manusia, kecuali ….
      1. Homo educandum
      2. Homo ecomomicus
      3. Homo sapiens
      4. Animal educandum

    1. Tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam pola pemikiran psikologi yang membahas pengertian manusia yaitu ….
      1. Erich Rothacker, Ernst Cassirer, Aristoteles
      2. Cassirer, Ludwig Binswanger, Erich Fromm
      3. Ludwig Binswanger, Erwin Straus, Erich Fromm
      4. Erich Fromm, Aristoteles, Eliade

    1. Yang termasuk dalam dimensi-dimensi kemanusian adalah ….
      1. Dimensi Keindividualan
      2. Dimensi Kemoralan
      1. Jawaban A dan B benar
      1. Semua jawaban benar

    1. Manusia adalah makhluk yang monopluratis atau manusia yang memiliki banyak unsur kodrat tetapi meurpakan satu kesatuan yang utuh, pengertian tersebut menurut ahli ….
      1. Notonagoro
      2. Soerjanto Poespowardojo
      3. Tirta Raharja
      4. Jawaban B dan C benar

    1. Pengertian Manusia menurut pandangan Frued adalah ….
      1. Manusia sebagai pusat kegiatan intern yang menggunakan bentuk tubuh lahiriahnya untuk mengekpresikan diri dalam komunikasi sesamanya.
      2. Manusia itu rasional, tersosialisasikan dan dapat menentukan nasibnya sendiri
      3. Manusia tidak rasional, tidak terosialisasikan dan tidak memiliki control tehadap nasibnya sendiri
      4. Manusia digerakkan oleh dorongan-dorongan dari dalam dirinya yang bersifat instinktif

    1. Menurut Soerjono Poespowardojo, untuk memahami manusia bukan dari kacamata seseorang seorang antorpolog melainkan dari….
      1. Interpretasi perorangan
      2. Seorang biolog
      3. Seorang psikolog
      4. Pakar sosial-budaya

    1. Monopluralis menurut Notonegoro adalah….
      1. Manuasia terdiri dari dua unsur, tetapi merupakan satu kesatuan.
      2. Sebagai makhluk pribadi berdiri sendiri sekaligus sebagai makhluk Tuhan
      3. Memiliki banyak unsur kodrat, tetapi merupakan satu kesatuan yang utuh.
      4. Manusia terdiri dari unsur individual dan unsur social, tetapi merupakan satu kesatuan yang untuh.

    1. Dilihat dari susunannya manusia sebagai makhluk monodualis, yaitu…
      1. Manusia terdiri dari banyak unsur kodrat yang merupakan satu kesatuan yang utuh.
      2. Manusia terdiri dari dua unsur yakni unsur raga dan unsur jiwa, tetapi merupakan satu kesatuan yang utuh.
      3. Manusia terdiri dari unsur individual dan unsur social, tetapi merupakan satu kesatuan yang untuh.
      4. Sebagai makhluk pribadi berdiri sendiri sekaligus sebagai makhluk Tuhan

    ARTI PENDIDIKAN DAN BATAS-BATAS PENDIDIKAN
    1. Pendidikan adalah rekonstruksi atau reorganisasi pengalaman yang menambah makna pengalaman, dan yang menambah kemampuan untuk mengarahkan pengalaman selanjutnya. Merupaka pengertian pendidikan menurut...
      1. John S. Brubacher
      2. Suroso Prawiroharjo
      3. John Dewey
      4. Raka Jon

    1. Dibawah ini merupakan Unsur-unsur Esensial yang tercakup dalam pengertian pendidikan , kecuali….
      1. Pembinaan, pengembangan kemampuan
      2. Hubungan antara dua pihak( pendidik dan peserta didik)    
      3. Dilakukan diberbagai lingkungan
      4. Dilakukan dengan tegas dan disiplin
      5. Rekonstruksi atau reorganisasi pengalaman yang menambah makna pengalaman

    1. Proses di mana potensi-potensi, kemampuan-kemampuan, kapasitas-kapasitas manusia yang mudah dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan, disempurnakan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, dengan alat yang disusun dengan sedemikian rupa, dan digunakan manusia untuk menolong orang lain atau diri sendiri dalam mencapai tujuan yang ditetapkan disebut dengan...
      1. Pendidikan
      2. Pendidik
      3. Inovasi
      4. Adaptasi

    1. Pengertian pendidikan menurut Suroso Prawiroharjo adalah...
      1. Rekonstruksi atau reorganisasi pengalaman yang menambah makna pengalaman
      2. Bantuan pendidik untuk membuat peserta didik dewasa
      3. Proses di mana potensi-potensi, kemampuan-kemampuan, kapasitas-kapasitas manusia yang mudah dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan
      4. Usaha sadar atau dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi  dirinya

    1. Membentuk pribadi-pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepercayaan diri, Melestarikan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat. Tiga hal tersebut merupakan bagian dari...
      1. Batas Pendidikan
      2. Tantangan pendidikan  pada peserta didik.
      3. Unsur  unsur pendidikan.
      4. Kegunaan atau Tujuan pendidikan.

    1. Manusia memiliki perbedaan kemampuan,bakat, minat, motivasi, watak, ketahanan, semangat.  Hal tersebut termasuk batasan batasan pendidik pada...
      1. Lingkungan dan Sarana Pendidikan
      2. Pendidik
      3. Peserta didik
      4. Waktu pendidik

    1. Pendidikan adalah usaha sadar atau dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi  dirinya untuk mempunyai kekuatan  spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Merupakan pengertian pendidikan menurut ...
      1. UU No. 20 tahun 2003
      2. Suroso Prawiroharjo
      3. John Dewey
      4. Raka Jon

    1. Bantuan pendidik untuk membuat peserta didik dewasa. Merupakan pengertian merupakan pengertian pendidikan menurut...
      1. John S. Brubacher
      2. Suroso Prawiroharjo
      3. John Dewey
      4. Raka Jon

    1. Berikut ini yang bukan merupakan tantangan batasan-batasan pendidik adalah...
      1. Tantangan Batas-batas Pendidikan  pada peserta didik,
      2. Tantangan Batas-batas Pendidikan  pada pendidik.
      3. Tantangan Batas-batas Pendidikan  Lingkungan dan sarana pendidik.
      4. Tantangan Batas-batas Pendidikan  pada  waktu

    1. Berikut ini yang merupakan ilmuan yang bergerak dalam  bidang pendidikan adalah...
      1. Suroso Prawiroharjo
      2. John Dewey
      3. Jawaban  A dan B salah
      4. Jawaban A dan B Benar



1 komentar: