Minggu, 31 Maret 2013

Posted by zein Syahida On 03.39
PENGALAMAN PENELITIAN PERTAMA

Dulu, sekitar awal SMA setiap siswa siswi harus mempunyai pengalaman meneliti. Di ruang perpustakaan  wali kelas dan seorang pendamping penelitian yang berjilbab  memberikan tugas penelitian disebuah sentra kerajinan patung primitif di Kabupaten Bantul. Ketika diruang perpustakaan tersebut wali kelas memanggil tujuh orang nama termasuk saya. Hal ini membuat saya bingung untuk apa saya di panggil. Ternyata saya dan enam orang lainnya ditunjuk sebagai ketua kelompok yang telah di bentuk oleh pendamping penelitian kami. Karena saya tidak dapat memilih lagi maka saya bersedia untuk menjadi ketua kelompok dari Kelompok dua. Wali kelas kami bilang bahwa setia ketua kelompok harus bertanggung jawab terhadap kelompok dan tugas kelompoknya. Setelah itu  pendamping penelitian kami membagi tugas setiap kelompok , kelompok saya mendapat tugas meneliti limbah yang dihasilkan dari pembuatan patung primitif. Karena waktu itu wali kelas dan pembimbing penelitian  sedang buru-buru Karena ada rapat , maka saya dan teman satu kelas pun dipersilahkan pulang untuk mempersiapkan penelitian buat minggu depan.
Satu minggu kemudian, tiba saatnya penelitian masal yang diadakan oleh SMA saya . saya dan teman satu kelas berangkat dari sekolah dengan menggunakan bus. Sekitar tiga puluh menit menempuh perjalanan ahirnya tiba di sentra kerajinan petung primitive yang terdapat di Kabupaten Bantul. Saya dan kelompok serta teman teman yang lain pun bergegas meneliti Setelah seharian di sentra kerajinan patung primitif, wali kelas kami pun menghimabu agar segera naik ke bus dikarena acara akan  di lanjutkan di sekolah. Sesampainya di sekolah acara pun dilanjutkan shring. Sekitar satu jam acara sharing selesai saya pun langsung bergegas pulang 
Bebarapa hari kemudian, tiba-tiba ada sms yang masuk ke hp saya.Ternyata teman satu kelompok penelitian saya. Di sms itu tertulis bahwa ia mengajak mengerjakan laporan penelitian .Dia bertanya , dimana kira-kira mau ngerjain. Dia sendiri juga menyarankan di Taman sekolah. Ahirnya saya dan teman-teman satu kelompok janji ketemu esok siangnya.
Esok siangnya, saya pergi ke taman sekolah. Dua teman dari kelompok saya telat beberapa menit dari waktu perjanjian. Saya  pun menyerahkan data dari penelitian untuk di bahas. Singkat cerita hasil dari laporan penelitian kami yang sudah tersusun rapi dan sudah di bukukan sekarang tersimpan rapi di perpustakaan SMA. Terimakasih….

0 komentar:

Poskan Komentar