Kurikulum menurut UU
no 2 tahun 1989
Seperangkat rencana
dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pendidikan
Kurikulum
menuerut no 20 tahun 2003
Seperangkat
pelajaran serta mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar
Kata kunci
pengertian kurikulum
Seperangkat recana :
- Pengaturan mengenai isi dan bahan ajar
- Pengaturan mengenai cara yang digunakan
- Sebagai pedoman kegiatan belajar mengejar
- Untuk mencapai tujuan
Kurikulum dari
sprektif sejarah
Pada Yunanikuno isi
pendidikan dipilih berdasarkan pertimbanagan fungsional artinya yang dijarkan
memang betul betul bermanfaat nyata dalam kehidupan, sehingga materinya
meliputi pendidik kewajiban dan pendidikan jasmani.
Di indonesia
Pada zamaan belanda
:
Membaca, menulis,
dan berhitung yang dikenal thee R
Pada zama jepang :
Membaca, menulis dan
berhitung dan ditambah senam dan dilatih kemiliteran.
Materi pendidikan
- Pendidikan nilai.
- Pengetahuan
- Keterampilan
- Pendidikan Humaniora
- Pendidikan Kewarganegaraan
Prinsi
pengenmbanagan kurikulum
- Berpusat pada potensi, perkembanagan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
- Beragam dan terpadu
- Tanggap terpadu perkembang IPTEKS
- Relevan denga kebutuhan kehidupan
- Menyeluruh dan berkesinambungan
- Belajar sepanjang Hayat
- Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah
Cakup isis Kurikulum
(PP no 19 tahun 2005 )
- Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
- Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan keperibadian
0 komentar:
Posting Komentar