Jumat, 30 Maret 2012

Posted by zein Syahida On 00.24

 ESSAY
PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA
PENERAPAN IT DI PEMERINTAHAH
( PENERAPAN IT DI PEMERINTAHAN BIDANG PENDIDIKAN )

Essay ini disusun guna memenuhi tugas salah satu mata kuliah  pengantar teknik informatika yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta.

Dosen Pengampu : Yuli Rahmawati .M.T





Disusun Oleh :

Zein Syahida Kusuma Putra / E1
11520241002

PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011

Penerapan IT di pemerintahan bidang pendidikan | 01

PENERAPAN IT DI PEMERINTAHAH
( PENERAPAN IT DI PEMERINTAHAN BIDANG PENDIDIKAN )

 Perkembangan IT ( Information teknology ) telah  mempengaruhi dan merubah banyak aspek kehidupan manusia modern, dan hampir tidak ada aspek dari kehidupan manusia  modern yang tidak  bisa dipisahkan dari perkembang IT. Saat ini telah banyak instansi pemerintah pusat dan daerah yang  memanfaatkan IT dalam pelayanan publik khususnya bidang pendidikan .
IT memiliki arti sangat penting bagi dunia pendidikan karena IT menyedikan sarana yang dapat mempublikasikan  program  pendidikan. Namun pemanfaatan IT di Indonesia masih sangat kurang dikarenakan pemanfaatan IT di Indonesia baru mencakup pengembangan dan penerapan IT tersebut . Padahal sejak dahulu  penggunaan IT dalam bidang  pendidikan sendiri sudah tidak asing lagi  di negeri Paman Sam dan Amerika Serikat. Ini merupakan suatu bukti bahwa Indonesia masih tertinggal  jauh sekali dalam penerapan IT dipemerintahn khususnya dalam bidang pendidikan.
Adapun manfaat IT bagi bidang pendidikan antara lain :
a. Akses ke perpustakaan
b. Akses ke pakar
c. Melaksanakan kuliah secara on line
d. Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan
e. Menyediakan fasilitas mesin pencari data
f. Menyediakan fasilitas diskusi
g. Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah
h. Menyediakan fasilitas kerjasama

Sudah selayaknya instansi - instansi pendidikan yang ada segera menerapkan penggunaaan IT sebagai basis dari media pembelajaran. Hal tersebut menjadi  sangat penting  dikarenakan penggunaaan IT di bidang pendidikan dapat memepermudah para peserta didik untuk memperoleh tambahan ilmu secara lebih luas. Salah satu aspeknya adalah kondisi geografis Indonesia dengan sekian banyaknya pulau yang berpencar - pencar dan untuk mempermudah  penyampaian pendidikan pemerintah harus mempercepat pemerataan  dan penerapan IT untuk pendidikan. IT sangat mampu dan diharapkan  agar menjadi fasasilitator
Penerapan IT di pemerintahan bidang pendidikan | 02

utama untuk meratakan pendidikan di bumi nusantara, sebab IT yang mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauhnya tidak terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. Demi penggapaian daerah - daerah yang sulit tentunya penerapan ini agar dilakukan sesegera mungkin di Indonesia. Secara spesifik, dapat dikatakan bahwa kebijakan dalam penyelenggararan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat harus mampu memberikan pemahaman, dan penguasaan teknologi secara mutakhir yang luas kepada semua peserta didiknya.
.Namun Inisiaif - inisiatif penggunaan IT di instansi – instansi  pemerintahan Indonesia khususnya di bidang pendidikan di Indonesia sudah mulai bermunculan. Seperti yang sudah kita ketahui dalam dunia pendidikan di Indonesia, komputer sudah diperkenalkan
dan digunakan di sekolah - sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan untuk pendidikan di kota-kota besar, komputer sudah diperkenalkan sejak anak-anak masuk taman kanak-kanak atau play group untuk bermain dan belajar. Selain digunakan sebagai alat bantu untuk pembelajaran interaktif, juga bersifat audio-visual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri.  Dikarenakan didalam dunia pendidikan masa kini, teknologi membawa dampak yang sangat kuat. Nyaris semua bidang pendidikan masa kini sudah tersentuh oleh teknologi. Mulai dari yang paling sederhana sekalipun sudah tersentuh oleh teknologi. Contohnya adalah adanya sebuah web site ataupun web log yang mengusung tema pendidikan dengan segala pernak-perniknya. Semua hal yang bersifat pendidikan diulas dan dibahas habis sampai ke akarnya.
Namun usaha-usaha dari pemerintah tersebut harus diimbangi oleh usaha peserta didik bangsa juga terus dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam hal penyampaian proses pendidikan dengan penggunaan IT.
Selain itu Pemerintah juga harus menyiapkan beberpa peraturan terkait pembatasan dalam penggunaan IT khususnya  kebebasan akses internet. Akses yang terlalu bebas bisa berakibat fatal bagi perkembangan peserta didik dan  masyarakat, terutama di daerah yang haus akan informasi.
Harus disadari peserta didik dari tingkat sekolah dasar hingga pekuliahan bahwa IT khususnya internet hanyalah merupakan alat bantu saja dan bukan menjadi solusi dalam dunia pendidikan, formal maupun nonformal. Bagaimanapun pendidikan yang bermutu didapat dari para pendidik yang bermutu ditambah dukungan pemerintah dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa didik yang diimplementasikan dengan benar dan kreatif.
Penerapan IT di pemerintahan bidang pendidikan | 03

Setelah membahas sekian banyak berbagai kendala dan  penerapan IT, saya dapat menyimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan pada hal pengadaan infrastruktur teknologi telekomunikasi, multimedia dan informasi yang merupakan prasyarat terselenggaranya IT untuk pendidikan sementara penetrasi komputer ( PC ) di Indonesia masih rendah. Selain itu solusi yang dapat kita ambil adanya kesadaran dari pemerintah bahwa pemerintah memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan penggunaan IT untuk kemajuan bangsa di berbagai bidang. Selain itu juga pemerintah mengadakan penyuluhan terhadap masyarakat tentang manfaat penerapan IT terutama dalam bidang pendidikan. Untuk masalah infrastruktur yang belum merata di seluruh daerah, tentu sebagian besar merupakan tanggung jawab pemerintah. Namun untuk daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh teknologi informasi, perlu diterapkan penggunaan alat-alat teknologi alternatif yang pada saat ini telah banyak ditemukan. agar dapat merasakan manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh teknologi informasi.

0 komentar:

Posting Komentar